Masuk

Ingat Saya

lidwinahana'S Posts

Terorisme Tidak Sebatas Bom

Menurut data BNPT, 67% aksi teror memang dilakukan dengan bom. Ada bom bunuh diri, bom mobil, dsb. Tapi sebenarnya aksi terorisme bukan hanya dilakukan dengan meledakkan bom lho readers! Aksi teror juga bisa dilakukan lewat pembajakan. Tentunya bukan membajak sawah kayak yang dilakukan pak petani ya readers! Kalo bajak yang itu justru bagus soalnya nanti sawahnya bisa ditanamin padi. Tapi yang lag...

Baca Artikel »

Apa itu Terorisme?

Banyak yang mengklaim aksi terorisme adalah berdasarkan ajaran agama? Sebenarnya aksi jahat tersebut berasal dari pandangan yang sempit dan pemahaman yang salah. Bagaimana bisa begitu? Jadi para teroris ini merasa bisa mencapai surga bila menghancurkan orang-orang yang berseberangan dengan pandangan yang dianutnya. Aksinya sangat kental dengan ancaman dan kekerasan yang berujung pada rasa takut da...

Baca Artikel »

Memahami Ekstremisme dan Radikalisme

Dua kata di bagian judul tentunya sangat berkaitan dengan isu terorisme ya readers, tapi apa bedanya? Simak penjelasan berikut! Ekstremisme merupakan kecenderungan yang sangat kuat terhadap suatu pandangan. Sementara Radikalisme merupakan perubahan pemahaman dari umum yang mementingkan jalan tengah menjadi pandangan ekstrem. Contoh dari tindakan radikal adalah ingin merubah dasar negara. Dalam pra...

Baca Artikel »

Peristiwa Terorisme di Bali

Pulau Dewata, salah satu destinasi pariwisata Indonesia yang sudah dikenal dunia, juga harus mengalami serangan dari kelompok teroris. Kejadiannya di tahun 2002 dan 2005 yang membuat pariwisata Bali sempat lesu karena para turis mengkhawatirkan keselamatan mereka sehingga memutuskan untuk tidak berwisata ke Bali. Ada tiga ledakan yang terjadi tahun 2002. Lokasinya ada di jalan legian, tepatnya di ...

Baca Artikel »

Peristiwa Terorisme di Indonesia pada tahun 1980-an

Ngomongin soal peristiwa terorisme di Indonesia, kayaknya otak kita bakal langsung teringat sama BOM Bali juga BOM Jakarta. Yang terbaru gak lain gak bukan adalah kasus terorisme di Sarinah, Jakarta. Tapi tahu gak sih readers? Sebenarnya kejadian seperti ini bukan sesuatu yang baru di Indonesia. Peristiwa yang berkaitan dengan teorisme sebenarnya udah ada asejak tahun 1981 yakni peristiwa pembajak...

Baca Artikel »

Tolak Kekerasan Atas Nama Agama

Rasanya terlalu berlebihan kalau bicara “semua agama itu baik” karena aku gak tau semua agama yang ada di dunia. Karena banyak juga kepercayaan-kepercayaan lokal yang tidak ‘terpilih’ untuk di akui sebagai agama tapi tetap memiliki penganut, termasuk di Indonesia. Tapi yang jelas kekerasan atas nama agama atau kepercayaan itu bukan alasan untuk menyakiti sesama manusia, apalagi membunuh! Setidakny...

Baca Artikel »

Generasi Galau Rawan Jadi Teroris

Matahari berhenti bersinar dan bunga tak lagi mekar Langit tak lagi biru, kayaknya bentar lagi bakal ujan #ea Putus pacar, kehilangan pekerjaan, atau bahkan merasa putus asa hingga rasanya hidup tak ada artinya lagi ternyata bisa membuat kita jadi teroris lho kawan! Pernah dengar orang yang menjadi teroris karena dengan bergabung dengan sebuah kelompok radikal maka anggotanya akan mendapatkan istr...

Baca Artikel »

Menjadi Duta Perdamaian

Perdamaian juga butuh duta? Tentu dong, bukan cuman pariwisata yang ada dutanya he he he… Jadi apa sih yang diperlukan untuk menjadi seorang duta perdamaian ala BNPT? Tes SPMB? Bukan! Tes CPNS? Bukan! Tes Psikologi? Bukan! Tes Urine? Bukan juga! OK, kembali ke topik, buat jadi duta perdamaian itu mudah kok kawan! Bisa dimulai dari blogging kayak diriku ini. Tapi buat bisa nge-blog di damai.i...

Baca Artikel »

Kenalan lalu lawanlah Mr. Radikal dan Mr. Teror

Hai readers! Setelah cukup lama akhirnya diriku update lagi muahahaha, masih menyambung topik soal menuju Indonesia Damai, sebelum masuk ke langkah-langkah menjadi duta pertadamaian, kayaknya lebih baik kita kenalan dulu sama Mr. Radikal dan Mr. Teror. Jadi dikatakan bahwa Radikalisme merupakan embrio dari terorisme. Jadi radikalisme ini berniat menjungkirbalikkan nilai-nilai yang ada secara drast...

Baca Artikel »

Ayo Damai!

Buat yang merasa “Ah! Aku masih terlalu muda, belum bisa melakukan apa-apa untuk nusa bangsa dan negara.” Eitt! Yakin begitu? Sebagai generasi muda yang banyak menghabiskan waktu bergentayangan di dunia maya, kita juga bisa kok memerangi radikalisme dan terorisme. Tanpa perlu angkat senjata! Kita hanya perlu angkat suara. Menyerukan kalau hal-hal yang berbau radikalisme dan terorisme bukanlah hal ...

Baca Artikel »